Tanda Kondisi Dalam Keuangan Yang Tidak Sehat

Depok— Setiap kondisi dalam keuangan seseorang memang memiliki perbedaan dan jenis yang membedakannya, baik masa keuangan yang sehat ataupun sebaliknya. Setiap orang pastinya membutuhkan sebuah kondisi keuangan yang sehat dan akan memenuhkan setiap kebutuhan yang dimiliki nya. 


Source: RadarTegal


Namun, tentu saja setiap kondisi tersebut akan dibedakan dengan banyaknya jenis yang berbeda-beda. Biasanya, setiap kondisi pada keuangan akan dibedakan dengan orang yang menggunakannya. Boros adalah suatu perilaku yang buruk dalam menggunakan sebuah keuangan yang sangat merugikan. Jika memiliki gaji besar sekali pun tetapi tidak bisa menggunakan sebuah kondisi pada keuangan yang dimiliki nya, maka ia akan menghadapi kesusahan yang seringkali membuatnya pusing. 


Memikirkan keuangan atau kondisi finansial memang tidak akan ada habisnya. Karena, uang adalah media utama dalam setiap kehidupan dan dalam memenuhkan kebutuhan maupun memenuhkan keinginan yang diharuskannya. Oleh karena itu, janganlah boros pada setiap kondisi dalam hal-hal yang berbau keuangan, atau akan menyulitkan diri mu sendiri.

 

Tanda Kondisi Keuangan Yang Buruk


Memiliki sebuah kondisi dalam setiap hal yang berbau finansial maupun keuangan yang sehat, tentu saja sangat dibutuhkan oleh setiap orang. Namun, tak jarang para masyarakat sangat tidak bisa mengelola keuangan yang dimiliki dan akan merugikan diri nya sendiri atau setiap anggota keluarga. Memiliki kondisi dalam keuangan yang buruk serta tidak sehat ditambah untuk mengharuskan membayar berbagai macam cicilan yang harus dipenuhi, memang akan membuatmu pusing setengah mati. Oleh karena itu, kenalilah tanda-tanda kondisi dalam keuangan mu agar kamu dapat mengatasi solusi nya.


1. Tidak Memiliki Adanya Dana Darurat


Hal pertama atau tanda pertama jika kamu memiliki kondisi keuangan yang buruk dan tidak sehat ini, adalah tidak adanya dana darurat yang harus disisihkan setiap kali ada kejadian yang membutuhkan biaya. Jika kamu sudah mendapatkan penghasilan tetap dalam pekerjaan yang kamu miliki dan memiliki berbagai macam kesejahteraan yang biasanya kamu akan dapatkan dengan mewah tetapi sama sekali tidak memiliki dana darurat, maka hal tersebut haruslah kamu pikirkan. Karena, tentunya kita tidak akan tahu kapan musibah akan terjadi.


2. Kesulitan Dalam Membayar Cicilan Bulanan


Kemudian, hal selanjutnya yang akan menggambarkan mu memiliki sebuah kondisi dalam keuangan yang buruk ini, adalah sangat kesulitan dalam membayar berbagai macam cicilan bulanan yang harus kamu penuhi. Janganlah pernah menganggap sepele terhadap cicilan yang kamu punya walaupun memiliki nominal yang kecil. Karena, tentu saja cicilan tersebut akan menjadi banyak dan akan membuatmu kesulitan untuk membayarnya setiap bulan. Pada dasarnya, cicilan adalah sebuah tanggung jawab yang harus dipenuhi ketika kamu sudah memilih metode mencicil tersebut.


3. Tidak Memiliki Catatan Keuangan Pribadi


Jika kamu sudah memiliki pekerjaan tetap dengan penghasilan yang lumayan, tetapi tidak memiliki catatan keuangan secara pribadi sejak bertahun-tahun lamanya, maka kamu pun sudah memiliki kondisi keuangan yang buruk dan tidak sehat. Oleh karena itu, jangan heran kalau seketika pendapatan yang kamu butuhkan pada setiap bulannya akan dengan mudah habis dan akan membuatmu kebingungan karena tidak memiliki penghasilan mu lagi. Pengeluaran yang sangat impulsive dan tidak distabilkan dengan kondisi pendapatan yang dihasilkan akan membuatmu sangat stress. Walaupun kesenangan akan dimiliki secara singkat waktu, tetapi kesengsaraan akan menghampirimu ketika masa-masa kondisi dalam keuanganku sudah menipis dan akan membuatmu kebingungan.


4. Memiliki Banyak Hutang


Memiliki hutang memang menjadi hal yang sangat wajar untuk dilakukan. Namun, yang tidak wajar adalah memiliki banyak sekali hutang dan tidak memiliki penjelasan untuk melakukan pembayaran tersebut. Alhasil, kamu pun akan mencari pinjaman lain untuk menutupi hutang mu yang sudah jatuh tempo. Dengan adanya hal tersebut, tentu saja tidak akan memudahkan mu dan akan menjatuhkan mu pada hutang-hutang lainnya. Oleh karena itu, hindarilah hutang sedemikian rupa, agar kondisi keuangan yang kamu miliki baik-baik saja, dan penghasilan yang kamu dapatkan pun tidak akan mudah habis hanya dengan membayar berbagai macam jenis pinjaman yang kamu lakukan.

Komentar