Melakukan Olahraga Pada Saat Puasa

Depok— Olahraga adalah salah satu jenis kegiatan yang dilakukan dengan banyaknya tujuan untuk kesehatan. Banyaknya manfaat dan khasiat dengan berolahraga. Namun, tak jarang pula orang yang malas untuk menjalankan kegiatan olahraga yang satu ini. Banyaknya masyarakat Indonesia yang sangat menyepelekan kegiatan olahraga dan lebih memilih untuk berdiam diri dan menyibukan diri dengan berbagai macam kegiatan. Pada dasarnya, olahraga pun bisa dilakukan dengan mudah dirumah dan memakan waktu yang tidak banyak. Saat ini, rupanya Indonesia tengah menjalankan bulan Ramadhan dan seluruh umat muslim di Indonesia pun sangat di wajibkan untuk menjalani puasa. Puasa ini memang tidak diperbolehkan makan atau minum sampai dengan waktu yang telah ditentukan. Namun, tahukah kamu bahwa berolahraga pada saat bulan puasa ini dapat membawa khasiat yang lebih banyak dibandingkan dengan berolahraga pada hari-hari biasa? Mau tahu jenis olahraga saat puasa apa saja yang dapat membawa banyak khasiat?

Source : Alodokter

 

Jenis Olahraga Saat Puasa Yang Bermanfaat

Walaupun kamu sedang menjalankan perintah untuk tidak makan dan minum, namun rupanya hal tersebut sama sekali tidak membawa pengaruh buruk pada tubuh. Pada dasarnya, tubuh akan mengalami sebuah hormone pertumbuhan yang akan muncul dengan sendirinya dan akan meremajakan adanya sebuah sel didalam tubuh mu.

 

1. Jogging


Siapa sih yang tidak mengetahui jenis olahraga yang satu ini? Salah satu jenis olahraga yang sangat disukai oleh banyak orang, baik di Indonesia maupun di berbagai negara lainnya. Selain itu, rupanya jenis olahraga berjoging yang satu ini memang menjadi jenis olahraga yang cocok untuk dilakukan semasa puasa. Manfaat dari olahraga jogging ini pun sangat banyak, salah satunya ialah dapat meningkatkan adanya sel kardiovaskular dan dapat membuat tubuhmu menjadi fit serta mudah menjalankan berbagai macam aktivitas yang padat sekaligus.


2. Berjalan Santai


Kemudian, jenis olahraga saat puasa yang dapat kamu lakukan dengan mudah ini, adalah dengan berjalan santai. Jika kamu terlalu berat untuk melakukan olahraga jogging, kamu pun bisa melakukan jenis olahraga dengan berjalan santai yang satu ini. Lakukanlah hal ini selama 30-50 menit per harinya. Banyaknya manfaat yang menguntungkan dengan berjalan kaki santai ini jika kamu melakukannya rutin setiap harinya. Kebugaran tubuh yang bermanfaat, meningkatkan kesehatan pada organ jantung, memperkuat jaringan otot, hingga memperkuat tulang. Dan waktu yang paling tepat serta terbaik dengan melakukan kegiatan berjalan kaki santai yang satu ini, adalah saat sore hari atau saat ingin berbuka puasa.

 

3. Yoga


Siapa sih yang tidak mengetahui manfaat dengan melakukan kegiatan olahraga yoga yang satu ini? Yoga adalah jenis olahraga yang memerlukan konsentrasi yang tinggi dan banyaknya langkah dalam melakukan kegiatan yoga ini mudah untuk dilakukan serta tidak terlalu memakan banyak energi. Sehingga, olahraga yoga ini pun dapat dengan mudah dilakukan dirumah mu saat sedang menjalankan puasa.


4.Bersepeda


Dan jenis olahraga saat puasa yang terakhir dan bisa dilakukan dengan mudah ini, adalah dengan bersepeda. Mengelilingi lingkungan rumah bersama dengan teman-teman menggunakan sepeda memang sangat menyenangkan untuk dilakukan. Selain itu, kamu pun bisa ngabuburit dan melihat pemandangan luar dengan bersepeda. Lakukanlah kegiatan olahraga secara rutin, dan lebih baik melakukan kegiatan bersepeda ini saat menjelang sore hari atau dipagi hari.

Komentar