Manfaat Rumput Laut Yang Mengejutkan Bagi Kesehatan

Depok— Rumput laut adalah salah satu jenis tanaman yang hidup di lautan dan memiliki banyak sekali manfaat mengejutkan bagi kesehatan maupun bagi kecantikan. Biasanya, rumput laut yang satu ini akan dikonsumsi secara langsung maupun sebagai bahan pelengkap dalam makanan manis. Karena, rasa dari rumput laut sendiri sangat lah cocok untuk makanan manis yang melezatkan. Jika kamu sering sekali makan onigiri atau sushi yang berasal dari Jepang, maka kamu pun sudah tidak terkejut lagi mendengar rumput laut yang satu ini. Namun, tahukah kamu bahwa rumput laut ini memiliki tiga macam jenis yang membedakannya? alga merah, alga hijau, dan alga coklat. Jenis alga hijau adalah jenis rumput laut yang sangat terkenal di Indonesia dan banyak sekali yang lebih mengenal alga hijau dibandingkan dengan berbagai macam jenis rumput laut lainnya. Penasaran dengan kandungan atau manfaat rumput laut yang satu ini bagi kesehatanmu? Yuk, simak artikelnya sampai selesai ya!


Source : Greeners.Co

 

Manfaat Rumput Laut Yang Jarang Orang Ketahui

Jika kita membahas tentang manfaat setiap makanan atau setiap sayuran dan buah-buahan, pastinya tidak akan ada habisnya. Mengapa demikian? Karena, setiap jenis sayuran dan buah-buahan yang ada di bumi ini memang memiliki kandungan yang berbeda-beda dan memiliki manfaat berkhasiat bagi tubuh ataupun bagi kecantikan. Karena, rumput laut adalah sayuran yang berasal dari lautan. Berikut ulasannya:


1. Dapat Digunakan Sebagai Bahan Pangan Untuk Diet


Hal pertama yang dapat kamu ketahui mengenai jenis rumput laut yang satu ini, adalah rumput laut dapat digunakan sebagai bahan pangan untuk orang yang sedang menjalankan masa diet nya. Karena, kandungan dari rumput laut dapat mempertahankan berat badan atau bisa pula menurunkan berat badan mu. Hal yang satu ini pun dibuktikan karena ditemukannya sebuah zat yang bernama, Alginat. Dan fungsi dari Alginat itu sendiri, adalah mampu untuk menyerap lemak secara baik dan bisa membuat organ usus bekerja dengan baik.


2. Bisa Digunakan Sebagai Media Penyembuhan Luka


Kemudian, hal kedua yang bisa kamu temukan pada manfaat rumput laut yang satu ini, adalah bisa digunakan sebagai media dalam penyembuhan luka. Mengapa bisa? Karena, rumput laut memiliki vitamin K yang sangat banyak. Dan fungsi dari vitamin K itu sendiri, adalah dapat membekukan trombosit darah dengan  cara berkoordinasi dengan baik. Sehingga, darah yang mengalir pada luka akan cepat tersembuhkan. Namun, hal yang satu ini tidak dianjurkan untuk sebuah luka dalam yang parah. Karena, penggunaan rumput laut hanya diperbolehkan untuk luka luar saja.


3. Dapat Menguatkan Gigi Dan Tulang Manusia


Jika kamu memiliki alergi terhadap susu sapi ataupun susu kedelai, kamu pun bisa mencoba rumput laut yang satu ini. Telah diketahui, bahwa rumput laut memiliki sekitar 60 mg kalsium yang sangat bermanfaat untuk menguatkan gigi dan tulang. Sehingga, orang yang memiliki alergi pada sebuah susu sapi, rumput laut pun bisa dicoba sebagai media pengganti susu.


4. Dapat Mencegah Adanya Kanker Payudara


Dan hal terakhir yang dapat kamu temui sebagai manfaat rumput laut yang satu ini, adalah bisa digunakan untuk pencegahan pada kanker payudara yang mematikan. Biasanya, kanker payudara ini pun diderita oleh kaum wanita yang sangat rentan untuk terkena. Oleh karena itu, hendaknya memakan jenis sayuran laut yang satu ini agar kamu pun bisa mencegah adanya penyakit tersebut. Namun, bukan berarti rumput laut bisa digunakan sebagai obat untuk penyakit kanker payudara ya!

Komentar