Manfaat Puasa Yang Menakjubkan Bagi Kesehatan Tubuh

Depok— Bagi umat muslim, rupanya melakukan puasa ini adalah hal yang kerap kali dilakukan dan menjadi kewajiban yang harus di jalankan serta tidak boleh dilanggar. Setiap setahun sekali, umat muslim akan menjalankan dan menyambut adanya bulan Ramadhan. Dan bulan Ramadhan lah yang mengharuskan setiap umat muslim untuk menjalankan puasa selama sebulan penuh. Walaupun pada saat bulan puasa yang satu ini seluruh umat islam tidak diperbolehkan melakukan kegiatan makan dan minum, tetapi harus pula menjalankan kesabaran dan belajar untuk memiliki sifat ikhlas yang tulus. Namun, tahukah kamu bahwa dengan melakukan kegiatan puasa yang satu ini dapat bermanfaat untuk tubuh dan memiliki banyak sekali khasiat yang menguntungkan? Penasaran dengan manfaat puasa bagi kesehatan mu?

Source : KompasTV
 


Manfaat Puasa Bagi Kesehatan Tubuh Yang Menguntungkan


Telah banyaknya penelitian yang melangsungkan kegiatan penelitian yang satu ini terhadap manfaat dari kegiatan puasa. Bahkan, banyak sekali peneliti professional yang terkejut dengan manfaat yang dimiliki dengan menjalankan puasa. Perbandingan yang dilakukan dengan orang yang menjalankan puasa dan orang yang tidak menjalankan puasa ini sangatlah berbeda hingga 180 derajat. Berikut manfaat menjalankan puasa bagi kesehatan tubuh mu yang sangat menguntungkan:

 

1. Dapat Menurunkan Tekanan Darah


Adakah dari kamu atau sekitar mu yang memiliki riwayat penyakit darah tinggi? Yap, manfaat yang dimiliki dengan melakukan kegiatan puasa yang satu ini adalah dapat menurunkan adanya tekanan darah didalam tubuh. Ketika menjalankan ibadah puasa ini sebuah asupan garam yang menjadi penyebab utama dalam peningkatan darah akan berkurang. Dengan begitu, maka asupan garam didalam tubuh pun akan berkurang dan akan menurun.

 

2. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah


Kemudian, manfaat selanjutnya yang dimiliki dengan menjalankan kegiatan puasa yang satu ini, adalah dapat menurunkan adanya kadar gula didalam darah. Kandungan gula memang dapat menyebabkan banyak sekali penyakit yang berbahaya, salah satunya ialah diabetes. Biasanya, kandungan gula didalam tubuh akan melonjak jika seorang penderitanya tidak bisa mengatur pola makan. Dengan adanya kadar gula tinggi darah inilah banyak orang dewasa atau orang yang sudah lanjut usia mengalami penyakit kompleks. Telah terbukti, bahwa dengan melakukan kegiatan puasa ini, kadar gula didalam darah akan melakukan penurunam hingga 30%.

 

3. Menurunkan Berat Badan


Manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang satu ini memang telah dikenal oleh seluruh masyarakat Indonesia, yakni dapat menurunkan berat badan. Yap, dengan melakukan kegiatan puasa tidak diperbolehkan untuk makan dan minum dari munculnya matahari hingga matahari akan terbenam. Dengan begitu, maka kandungan gula yang dapat menyebabkan kegemukan pun akan menurun dan lemak yang ada didalam tubuh akan berkurang. Untuk mendapatkan hasil yang optimal, jagalah pola makan dan jangan terlalu banyak memakan makanan yang manis serta es pada saat buka puasa. Dan selalu lakukanlah kegiatan olahraga!

 

4. Dapat Meningkatkan Kesehatan Jantung


Dan manfaat puasa bagi kesehatan tubuh yang terakhir ini, adalah dapat meningkatkan kesehatan jantung. Telah diketahui, bahwa manfaat pada puasa ini dapat mengurangi adanya kadar gula didalam darah dan mengurangi kadar garam. Kedua kandungan tersebut lah yang menjadikan sebagai sebuah faktor atau penyebab dari menurunnya fungsi jantung dan dapat menyebabkan banyak sekali penyakit yang berbahaya pada organ jantung. Sehingga, saat bulan puasa semua kadar berbahaya menjadi berkurang dan dapat meningkatkan kesehatan jantung mu.

Komentar