Ketahui Fakta Unik Universitas Indonesia!

Depok— Universitas Indonesia (UI) merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) yang berada di bagian Utara Depok yang bertepatan dengan wilayah Jakarta Selatan. Untuk saat ini, UI memiliki 14 Fakultas dengan lebih dari 291 Program Studi. UI merupakan salah tau PTN yang selalu saja menjadi favorit dan mendapat urutan ketiga PTN terbaik di Indonesia. 


Source : Google


UI sudah dikenal banyak oleh siswa/i, mahasiswa/i di Indonesia hingga beberapa Universitas di Mancanegara. UI mempunyai banyak partner bekerjasama dengan Universitas luar negeri, diantaranya adalah Monash University (Australia), University of Duisburg-Essen (Jerman), dan juga University of Amsterdam (Belanda).


Berikut ini beberapa fakta unik Universitas Indonesia :

1. Mempunyai Dua Lokasi Kampus

Universitas Indonesia (UI) mempunyai dua lokasi di dua kota yang berbeda. Berada di Depok dan Jakarta (Salemba), Kota Depok merupakan Kota yang menjadi bagian dari Provinsi Jawa Barat, jadi secara otomatis kampus UI mempuntai dua lokasi kampus yang berbeda. 


Mahasiswa Sarjana biasanya akan menjalankan kuliah di kampus UI yang berada di Depok, sedangkan mahasiswa pascasarjana biasanya menjalankan kuliah di kampus UI yang berada di Salemba, Jakarta. 


2. Nama-nama Danau Di Universitas Indonesia

Universitas Indonesia terkenal dengan danau UI yang biasa dilakukan oleh mahasiswa untuk berfoto-foto pada saat wisuda atau mahasiswa baru yang berfoto ketika mendatkan jaket almamater baru atau biasa disebut Jaket Kuning (JaKun). 


UI mempunyai total enam danau dan menariknya nama-nama danau tersebut adalah singkatan dari KAMPUS. Danau-danau tersebut bernama Kenanga, Aghatis, Mahoni, Puspa, Ulin, dan Salam.


3. Mempunyai Stasiun Kereta “Universitas Indonesia”

Untuk masyarakat JABODETABEK yang sering menggunakan transportasi KRL pasti tidak asing dengan Stasiun Universitas Indonesia. Stasiun UI ini berada di dalam kampus UI yang memudahkan mahasiswa/i untuk turun langsung di dalam kampus dan melanjutkan dengan transportasi lain yang difasilitasi oleh kampus UI. 


4. Fasilitas Transportasi Gratis

Karena UI memiliki luas sekitar 100 hektar, cukup sulit bagi mahasiswa/i untuk mengelilingi kampus atau ke gedung fakultas. Kampus UI kemudian memfasilitasi transportasi secara gratis untuk

memudahkan mahasiswa/i. Transportasi tersebut adalah Bis Kuning (Bikun) yang bisa mengantarkan mahasiswa/i untuk mengelilingi kampus. 


5. Warna Makara UI

Pasti sudah banyak yang familiar dengan lambang UI atau yang biasa disebut dengan Makara. Lambang tersebut diciptakan oleh Sumaxtono, mahasiswa Angkatan 1951 Seni Rupa Fakulteit Teknik Universiteit Indonesia, Bandung (Sekarang Institut Teknologi Bandung). 


Lambang ini memiliki ide Kala-Makara yang mempunyai arti, yaitu : dua kekuatan yang ada di alam. Kala yang berarti kekuatan matahari (diatas) dan Makara yang berarti Kekuatan Bumi (dibawah). 


6. Perpustakaan Terbesar Se-Asia Tenggara

Kalau sedang berkunjung ke Universitas Indonesia jangan lupa untuk pergi ke perpustakaannya yang biasa disebut sebagai The Crystal of Knowledge. Perpustakaan Universitas Indonesia merupakan perpustakaan terbesar se-Asia Tenggara. Perpustakaan ini memiliki koleksi sekitar 1,5 juta buku, mulai dari buku ilmiah, sosial politik, hingga budaya. Meskipun perpustakaan ini bernama Perpustakaan Universitas Indonesia tetapi perpustakaannya dibuka untuk umum bukan hanya untuk mahasiswa/i UI saja.




Komentar