Fakta-Fakta Unik Kota Depok! Kota Viral Dengan Beragam Kejadian

Depok— Kota Depok merupakan Kota Penyangga yang sering dikenal dengan kontroversial serta keunikannya. Beberapa kejadian unik yang viral terjadi di Kota Depok. Kota Depok berada di Selatan  Jakarta yang dahulunya masuk dalam bagian Kabupaten Bogor bagian utara. Demi mendukung perkembangan pada tahun 1999 Kota Depok memisahkan diri dari Kabupaten Bogor dan menjadi Kota Mandiri.


Kini, Kota Depok genap berusia 24 tahun sebagai Kota Mandiri. Usia Kota Depok belum terlalu lama untuk ukuran sebuah Kota. Depok mempunyai sejarah yang unik dari berdirinya Kota Depok ataupun beberapa fakta unik dari aktivitas masyarakatnya. Berikut merupakan fakta-fakta unik tentang Kota Depok :

1. Organisasi Kristen Pertama Di Indonesia


Source : Google

Organisasi Kristen Pertama di Indonesia didirikan oleh Cornelis Chastelein. Cornelis Chastelein merupakan orang kebangsaan Belanda yang sangat taan dengan ajaran Protestan. Kemudian Cornelis Chastelein membuat Organisasi Kristen tersebut untuk Pribumi di Depok. Organisasi tersebut bernama De Eerste Protestantse Organisatie van Kristenen. Cornelis membuat organisasi tersebut untuk menyebarkan agama kristen dengan cara yang jauh dari kekerasan serta perbudakan. 


2Mempunyai Presiden Sendiri


Source : Google


Dahulunya Kota Depok merupakan desa terpencil yang berada dibelantara hutan. Kota Depok dahulunya wilayah yang tidak termasuk dari kekukasan pemerintah Belanda. Kemudian pada tahun 1696 seorang tuan tanah yang juga seorang pejabat tinggi VOC yaitu Cornelis Chastelein membeli wilayah tersebut. Cornelis lalu mulai menghidupkan kegiatan pertanian dan perkebunan di wilayah tersebut dengan memperkerjakan ratusan budak dari berbagai wilayah di Indonesia. 


Sebelum kematian Cornelis Chastelein, ia telah memerdekakan budak-budaknya dan ia berpesan agar tanah warisannya dapat dikelola dengan baik dan benar. Meskipun Cornelis merupakan tuan tanah yang memiliki ratusan budak, ia memperlakukan budaknya seperti keluarga dan jauh dari kekerasan. Mantan budak-budak Cornelis Chastelein disebut sebagai Kaoem Depok, Kaoem Depok memiliki 12 Marga.

3. Kejadian Viral Babi Ngepet Tahun 2021


Source : Google

Kejadian babi ngepet merupakan hal yang menggemparkan bagi masyarakat Indonesia. Bagaimana tidak, Hal tersebut viral dimana-mana dan diberitakan diberbagai tv maupun sosial media. Namun, setelah ditelurusi viralnya babi ngepet di Kota Depok merupakan akal-akalan dari Ustad berinisial AL yang merupakan warga Depok. Hal ini disengaja untuk menakut-nakuti masyarakat dengan membeli babi hutan yang ia beli dari seseroang. Karena hal tersebut memggemparkan masyarakat, Ustad berinisal AL berhasil ditahan oleh pihak Kepolisian Kota Depok.


4Masjid Kubah Emas, Masjid Termegah di Asia Tenggara


Source : Google


Bangunan Masjid Kubah Emas dibangun oleh Dian Al Mahri yang merupakan pengusaha asal Banten. Masjid Kubah Emas memiliki luas 50 hektar dan dapat menampung 20.000 Jamaah. Masjid tersebut  selain sebagai tempat beribadan dan kegiatan islami yang dilakukan umat muslim, masjid ini juga sebagai tempat wisata religi kebanggaan warga Depok.


Selain dengan luasnya 50 hektar, masjid yang diresmikan pada tahun 2006 merupakan masjid termegah di Asia Tenggara. Masjid Kubah Emas termasuk masjid yang langka karena hanya ada tujuh masjid berkubah emas di dunia, dan salah satunya adalah Masjid Kubah Emas yang berada di Kota Depok.


5Petir di Depok Salah Satu Petir Terganas di Dunia



Source : Google 


Kota Depok tercatat di Guinness Book Of World Record, sebagai kota yang memiliki petir paling berbahaya dan ganas di dunia. Kekuatan petir di Kota Depok ini dapat meratakan bangunan yang terbuat dari beton. Menurut penelitian, petir di Kota Depok memiliki arus petir negatif yang berkekuatan 379,2 KA dan petir positinya sebesar 441,1 KA.


Kota Depok sering mendapat peringatan dini bila musim hujan datang. Selain, berpotensi bencana longsor dan banjir kiriman, petir di Kota Depok adalah salah satu yang paling berbahaya di Dunia.

6. Pasien Pertama yang Terkonfirmasi Covid-19 di Indonesia

Source : Google 


Pada bulan Maret tahun 2020 Presiden Indonesia Bapak Jokowi mengumumkan bahwa ada dua warga Indonesia yang terkena virus Covid-19 dan dua warga tersebut berasal dari Kota Depok. Dua warga ini tercatat sebagai pasien pertama yang terkonfirmasi terkena Covid-19 di Indonesia. Dua pasien tersebut tertular Covid-19 dari warga Jepang.


Masyarakat Indonesia terutama masyarakat Depok sendiri gempar dengan pengumuman yang disampaikan oleh Presiden. Kota Depok sempat menjadi bahan sindiran dalam skala nasional dibeberapa media sosial. Sejak pengumuman tersebut di apotik, minimarket dan supermarket masyarakat Indonesia banyak mengantri untuk membeli masker tidak jarang juga masyarakat memborong bahkan menimbun masker. Akibatnya, harga masker melonjak tinggi dan susah dicari.


Fakta-fakta unik tersebut terjadi di Kota Depok, lho. Masih banyak beberapa fakta unik dari Kota Depok, jadi seberapa bangga kamu menjadi warga Depok?


Komentar