Mengetahui Tempat-tempat Bersejarah di Kota Depok

Depok— Seperti yang banyak kita ketahui, Kota Depok merupakan Kota dengan beragam fenomena unik. Berita yang pada saat itu viral adalah pengecoran jalan didepan SDN Pondol Cina 1, kejadian babi ngepet, kejadian kolor ijo, serta munculnya pertama kali kasus Covid-19 di Kota Depok. 

Ternyata Kota Depok juga memiliki tempat-tempat bersejarah yang perlu kita jaga kelestariannya. Peninggalan sejarah tersebut merupakan saksi bisu berkembangnya Kota Depok serta memiliki nilainya sendiri-sendiri. Masyarakat pun tak jarang mengunjungi tempat-tempat bersejarah tersebut untuk sekadar melihat-lihat.


Berikut ini adalah tempat-tempat bersejarah di Kota Depok :


  1. Gereja GPIB Immanuel Depok.
Sumber : Google


Gereja tersebut didirikan pada tahun 1713 dengan nama De Protestantse Kerk. Gereja ini didirikan karena untuk ibadah 12 keluarga yang dimerdeka-kan Cornelis Chastelein, yang merupakan tuan tanah di Depok pada masa kolonisasi VOC di Pulau Jawa.


Gereja ini awalnya dibangun dengan sangat sederhana, menggunakan material kayu dan anyaman bambu. Dengan seiring pergantian waktu, pada tahun 1792 gereja tersebut mengalami perubahan atau renovasi dengan mengganti material bebatuan sebagai bahan pokok pembangunannya. Gereja ini dibangun secara permanen pada tahun 1854 dan pada tahun 1989 kembali mengalami perbaikan dengan diperluas bangunan gerejanya. Gereja GPIB Immanuel Depok berada di Jalan Pemuda No.70, RT.02/RW.08, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431.


  1. Tugu Cornelis.
Sumber : Google


Cornelis Chastelein merupakan tuanh tanah di Kota Depok pada masa awal kolonisasi VOC di Pulau Jawa. Cornelis Chastelein juga salah satu seorang memiliki sejarah yang menamakan Kota Depok. Pada saat itu Cornelis pernah memerdekakan 12 keluarga atau sekitar 200 orang budak karena pada saat itu Cornelis bekerja untuk Vereenigde Oostindische Compagnie (VOC) dan Cornelis merasa kurang setuju dengan gaya pemerintahan pada saat itu. 


Cornelis berfikir bahwa para pekerja harus diberikan kebebasan dan terpenuhi kebutuhan hidupnya agar tercipta kestabilan dalam lahan ekonomi. Karena, berkat kebaikan jasanya tersebut, didirikan Tugu Cornelis pada tahun 1914 untuk mengenang jasa Cornelis Chastelein. Tugu Cornelis berlokasi di Jalan Pemuda No.9, Depok, Kec. Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat 16431


  1. Jembatan Panus.
Sumber : Google


Nama “Panus” diambil dari nama seorang Stephanus Jonathans, merupakan mandor atau juru rawan jembatan yang tinggal diujung jalan jembatan. Jembatan Panus adalah struktur jembatan pertama di Depok yang dibangun oleh Andre Laurens pada tahun 1917.


Pada masa pemerintahan Belanda, jembatan tersebut adalah satu-satunya jembatan penghubung antara Depok dengan Buitenzorg (kini dikenal dengan Kota Bogor) dan Batavia (Jakarta). Namun, fungsi Jembatan Panus menjadi tolak ukur  untuk mengantisipasi banjir kiriman dari Kota Bogor saat sedang musim penghujan.


Saat ini kekokohan Jembatan Panus sudah mulai berkurang, dan tidak lagi direkomendasikan untuk kendaraan muatan besar melewati jembatan ini.



Masih banyak tempat-tempat peninggalan sejarah lainnya di Kota Depok yang mesti kita ketahui dan kulik lagi lebih dalam sejarahnya. Jaga dan lestarikan peninggalan sejarah tersebut, karena ini merupakan saksi bisu berkembangnya Kota Depok hingga saat ini. Jembatan Panus berlokasi di Jalan Tole Iskandar, RT 004 RW 007, Kelurahan Depok, Kecamatan Pancoran Mas, Kota Depok, Jawa Barat, 16431




Artikel Feature.

Komentar