Sah Lebaran Besok! Idul Fitri 2 Mei 2022

 


Melalui Konferensi Pers yang disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas menyatakan 1 syawal dan Idul Fitri 1443 Hijriah resmi jatuh pada hari Senin, 2 Mei 2022. Menteri Agama juga menyatakan bahwa hitungan hisab telah dikonfirmasi ditempatkan di 99 titik di 34 Provinsi seluruh Indonesia.


Aggota Tim Unifikasi Kalender Hijriah Kemenag Cecep Nurwendaya mengatakan posisi hilal atau Bulan sabit tampak pada ketinggian pada empat derajat 0,59 menit.


Menteri Agama juga menyampaikan dalam melaksanakan sidang Isbat menggunakan dua metode yang selama ini tidak pernah terpisahkan satu dengan yang lainnya, yaitu dengan metode Hisab yaitu cara perhitungan dan yang kedua adalah metode Rukyat atau pengamatan langsung terhadap hilal.


Berdasarkan hisab posisi hilal seluruh Indonesia sudah di atas ufuk serta laporan hilal sudah terlihat. Secara mufakat tadi 1 Syawal 1443 Hijriah jatuh pada hari Senin tanggal 2 Mei 2022 Masehi.


Mudah-mudahan dari hasil sidang Isbat yang disepakati bersama, diharapkan semoga seluruh umat Islam di Indonesia dapat merasakan Idul Fitri secara bersama-sama.




Link : https://youtu.be/p3LgTK8RP5c

Teknik Reportase : Konferenai Pers

Komentar