Dijamin Sehat! Rekomendasi Makanan Untuk Berbuka Puasa

 

Sources : Pinterest

 

Pada saat berbuka puasa, dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang sehat agar kebutuhan nutrisi yang diperlukan tubuh dapat terpenuhi dengan baik. 


Setelah menjalani puasa selama 13 jam, diperlukan menyiapkan makanan dan minuman untuk berbuka puasa. Mengkonsumsi makanan sehat adalah solusi baik yang bisa membantu meningkatkan energi tubuh untuk melakukan aktivitas selanjutnya.


Makanan dan minuman manis serta gorengan adalah salah satu yang digemari masyarakat Indonesia untuk menu berbuka puasa. Padahal pada saat berbuka puasa disarankan untuk mengkonsumsi makanan dan minuman sehat karena meningkatkan energi tubuh serta melancarkan kesehatan pencernaan.


Rekomendasi Makanan Sehat untuk Berbuka Puasa


Mari simak beberapa jenis makanan sehat untuk berbuka puasa. Dengan mengkonsumsi makanan sehat kamu bisa menjaga kesehatan tubuh jauh lebih baik.


1. Kurma


Kurma merupakan salah satu buah yang banyak digemari masyarakat Indonesia, Kurma banyak ditemukan pada saat Bulan Ramadhan. Mengkonsumsi kurma pada saat berbuka puasa baik untuk tubuh karena kurma mengandung karbohidrat sederhana yang bisa menjadi sumber energi tubuh. Tidak hanya itu, kurma juga mengandung serat, protein, kalori, serta vitamin B6 yang baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan serat pada buah kurma juga bagus untuk membuat rasa kenyang lebih cepat sehingga tidak perlu banyak mengkonsumsi makanan secara berlebihan.


2. Pisang


Makanan yang disarankan untuk berbuka puasa selanjutnya adalah pisang. Pisang mempunyai banyak kandungan yang baik untuk tubuh terlebih ketika sedang berpuasa. Pisang merupakan buah sumber mineral dan energi, terutama yaitu kalium. Mengkonsumsi buah pisang pada saat berbuka puasa dapat membantu memulihkan energi serta keseimbangan elektrolit yang mungkin berubah pada saat kita sedang berpuasa selama 13 jam.


3. Telur


Telur merupakan salah satu makanan yang memiliki protein yang cukup tinggi. Tidak hanya itu, telur juga mengandung lemak, karbohidrat, vitamin, mineral, dengan kandungan tersebut terpenuhinya gizi yang lengkap dalam satu bahan makanan.


4.Daging Ayam


Daging ayam mempunyai banyak kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, seperti : protein, vitamin A, vitamin B, zat besi, karbohidrat, lemak dan sodium. Disarankan untuk mengkonsumsi dada ayam tanpa kulit karena salah satunya bisa menjadi bahan makanan untuk menurunkan berat badan.


5. Sayuran Hijau


Sayuran hijau yang dimaksud bisa seperti, bayam, sawi, dan lain-lainnya. Sayur hijau baik dikonsumsi untuk berbuka puasa karena kandungan protein dan antioksidan membuat kita menjadi lebih bertenaga setelah satu hari berpuasa.


Itulah rekomendasi makanan sehat untuk berbuka puasa. Jangan lupa untuk mengkonsumsi makanan sehat selama berpuasa ya! 



Teknik Reportase : Observasi

Komentar